Kamis, 03 Desember 2009

Proses Bisnis Sistem Informasi Perusahaan Jasa

Latar Belakang Masalah

Perusahaan Jasa adalah Sebuah perusahaan yang bergerak dibidang pelayanan jasa,baik itu jasa pengangkutan,jasa pengiriman,jasa penyimpanan dan lain sebagainya.Tugas pokok dari sebuah perusahaan jasa adalah mencari kustomer sebanyak-banyaknya dan memberikan pelayanan yang maksimal terhadap kustomer agar mereka merasa terlayani dan puas atas kinerja kita dan untuk menjaga agar kustomer kita tidak pindah ke perusahaan lainnya yang menjadi pesaing kita.Dalam dunia bisnis persaingan sangatlah berat dan ketat apalagi dizaman sekarang yang serba susah,jadi kita harus pandai-pandai menjaga nama baik dan reputasi agar tidak jatuh.Pada hal ini kita akan sedikit membahas tentang perusahaan yang bergerak di bidang jasa penyimpanan dokumen atau arsip,disini juga akan dibahas bagaimana caranya agar kustomer merasa puas dengan kinerja perusahaan kita? Serta bagaimana sistem informasinya dalam menangani dokumen yang jumlahnya sangat banyak dari berbagai perusahaan?

Pembahasan

Perusahaan ini berdiri sejak beberapa puluh tahun yang lalu.Si pemilik perusahaan paham akan pasar bisnis saat itu dimana beberapa perusahaan minyak kewalahan untuk menampung dokumennya yang begitu banyak.Ya....kita akan membahas perusahaan jasa penyimpanan dokumen atau arsip perusahaan minyak yang ada di Indonesia,baik itu perusahaan milik negara atau milik swasta.Dokumen yang disimpan banyak jenisnya,baik itu berupa tanah,batu,cairan dari hasil pemboran,tape yang berisi tentang sumur pemboran,report hasil kerja lapangan dan lain sebagainya.Cukup banyak perusahaan minyak yang mempercayakan dokumennya untuk disimpan pada perusahaan ini,bisa melalui tender,lobby dari para pengusaha dan lain sebagainya.

Prinsip dan cara kerja perusahaan ini adalah sebagai berikut :

1. Menerima dokumen perusahaan minyak yang akan disimpan disini
2. Merawat dan menjaga dokumen tersebut agar tidak rusak
3. Menjaga rahasia isi dari dokumen tersebut agar tidak diketahui oleh perusahaan lain
4. Menyimpannya di tempat yang sesuai dan layak (storage khusus)
5. Mengupdate data tersebut,apabila ada tambahan dari data tersebut,data yang dipinjam atau sedang digunakan dan lain sebagainya.
6. Membuat invoice untuk perusahaan yang datanya disimpan.
7. Dan masih banyak lagi yang lainnya.


Untuk mengupdate data apabila ada tambahan bisa dengan cara manual atau komputerisasi,pada bagian ini kita hanya akan membahas tentang sistem informasinya.

Cara kerjanya sebagai berikut :
1. Data kita input ke dalam komputer (terlebih dahulu catat secara manual pada storagenya masing-masing)
2. Data kita simpan secara rapi sehingga memudahkan kita saat ingin dibutuhkan untuk dipinjam oleh sipemilik dokumen.
3. Kita juga harus merawat data tersebut agar pada saat dipinjam terlihat seperti pertama kali disimpan.
4. Kita harus siap setiap saat jika harus ada penambahan data,perubahan data begitu pula saat data tersebut ingin dipinjam oleh sang pemillik,kita harus cepat untuk menyediakannya agar kustomer merasa terlayani dan puas terhadap kinerja kita.

Kiat-kiat perusahaan agar kustomer tidak pindah ke perusahaan lain :
1. Fokus terhadap pekerjaan
2. Siapkan SDM yang profesional
3. Kustomer adalah raja jadi kita harus melayani sebaik mungkin
4. Menjaga nama baik perusahaan
5. Mempunyai visi dan misi yang jelas
6. Persaingan menjadi modal yang sangat berharga untuk terus maju dan berkembang